Sebagai orang
Nahdliyin yang masih awam kami
masih belum bisa memberi jawaban yang tepat ketika ada yang bertanya
apakah
dasar hukum (hadis) baca qunut dalam salat Subuh ? yang kami tahu di
madzhab
Syafii baca qunut hukumnya sunah saat salat Subuh. Mohon penjelasannya.
Terima kasih.
"Al-Fath" Surabaya.
Jawaban:
Dasar ulama
madzhab Syafiiyah tentang Qunut
adalah hadis berikut: "An anas qala ma zala Rasulullahi Saw yaqnutu fi
al-fajri hatta faraqa al-dunya". Artinya: “Diriwayatkan
dari Anas Ibn Malik. Beliau berkata, “Rasulullah Saw senantiasa
membaca qunut ketika shalat subuh sehingga beliau wafat.” (Musnad Ahmad
bin
Hanbal, juz III, hal. 162 [12679], Sunan al-Daraquthni, juz II, hal. 39
[9]).
Tidak hanya
madzhab
Syafii, madzhab Maliki pun menghukumi Qunut tersebut sebagai mustahab
(dianjurkan).
Sedangkan ulama Hanafiyah dan Hanabilah tidak memperbolehkan membaca
Qunut saat
salat Subuh dengan dalil hadis riwayat Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah
(Fatawa
al-Azhar V/9). Dengan demikian, ulama yang menghukumi sunah atau yang
tidak,
kesemuanya memiliki dalil dari hadis.
عَنْ
أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ مَا زَالَ رَسُولُ اللهِ r يَقْنُتُ فِي
الْفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ
الدُّنْيَا.(رواه أحمد والدارقطني).
فتاوى
الأزهر - (ج
9 / ص 5)
والقنوت
فى الصبح على
هذا مشروع عند النوازل كبقية الصلوات ، أما فى غير النوازل فللفقهاء فيه
أقوال خلاصتها
.
قال
الحنفية والحنابلة
بعدم مشروعيته ، مستدلين بما رواه ابن حبان وابن خزيمة وصححه عن أنس : : أن
النبي صلى
الله عليه وسلم كان لا يقنت فى صلاة الصبح إلا إذا دعا لقوم أو دعا عليهم .
وقال
المالكية والشافعية
بمشروعيته . ودليلهم ما رواه الجماعة إلا الترمذى أن أنس بن مالك سثل هل
قنت النبي
صلى الله عليه وسلم فى صلاة الصبح ؟ فقال : نعم ، ورواه أحمد والبزار و
الدارقطنى والبيهقى
والحاكم وصححه عن أنس قال : ما زال رسول اللَّه صلى الله عليه وسلم يقنت فى
الفجر حتى
فارق الدنيا .
0 Response to "Dalil Qunut Salat Subuh"
Posting Komentar