PERTANYAAN :
Kang Mahrus Ali
JAWABAN :
Maksudnya adalah membaca satu ayat yang bisa dipahami, ayat tersebut
yang menunjukkan tentang janji atau ancaman atau hukum atau kisah. dan
tidaklah jauh tentang cukupnya SEBAGIAN ayat yang panjang karena
sebagian ayat tersebut lebih utama daripada satu ayat yang pendek.
- kitab kasyifah
(و) رابعها: (قراءة آية من القرآن في إحداهما) للاتباع أي آية مفهمة فلا
يكفي ثم نظر وإن كانت آية كما قاله الحصني، قال الزيادي: كانت دالة على وعد
أو وعيد أو حكم أو قصة، ولا يبعد الاكتفاء بشطر آية طويلة لأنه أولى من
آية قصيرة، ولا تجزىء آية حمد أو وعظ عنه كما في قوله: الحمد لله الذي خلق
السموات والأرض وجعل الظلمات والنور} ((6) الأنعام:1) إذ الشيء الواحد لا
يؤدي به فرضان بل عنه فقط، ولو أتى بآيات تشتمل على الأركان كلها ما عدا
الصلاة لعدم آية تشتمل عليها لم تجزىء لأنها لا تسمى خطبة انتهى.
- kitab roudhoh (2/25)
الخامس : قراءة القرآن . وهي ركن على المشهور . وقيل : على الصحيح .
والثاني : ليست بركن ، بل مستحبة . فعلى الأول أقلها آية ، نص عليه الشافعي
- رحمه الله - ، سواء كانت وعدا ، أو وعيدا ، أو حكما ، أو قصة .
قال إمام الحرمين : ولا يبعد الاكتفاء بشطر آية طويلة . ولا شك أنه لو قال :
( ثم نظر ) [ المدثر : 21 ] لم يكف ، وإن عد آية ، بل يشترط كونها مفهمة
.
Rukun khutbah yang kelima adalah membaca al qur'an, membaca alqur'an
adalah termasuk rukun menurut pendapat yg masyhur, waqila menurut
pendapat yang shoheh.pendapat kedua mengatakan bahwa membaca alqur'an
bukanlah rukun tapi dianjurkan, maka berdasarkan pendapat yang awwal,
paling sedikitnya adalah membaca satu ayat, ini adalah nash dari imam
syfi'i -semoga Allah merahmatinya - baik ayat tsb adalah tentang janji,
atau ancaman, atauh hukum atau kisah.
Imam haromain berkata : dan tidaklah jauh tentang cukupnya SEBAGIAN ayat
yang panjang. dan tidaklah diragukan bahwa jika khotib membaca :
tsumman dzur al muddatsir ayat 21, maka tidak mencukupi walaupun itu
terhitung satu ayat , tapi disyaratkan adanya ayat tersebut bisa
dipahami.
Wallohu a'lam.
0 Response to "Maksud Membaca Satu Ayat dalam Khuthbah"
Posting Komentar